A. SASARAN
KEGIATAN
Sasaran kegiatan perlombaan
dapat dibagi dua katagori:
1. Sasaran
Peserta kegiatan:
Siswa SMA Negeri 1 Pelabuhanratu kelas 10, 11 dan 12
2. Sasaran
Materi kegiatan:
a.
Pasanggiri Biantara (Putra
dan Putri).
b.
Pasanggiri Ngadongeng
(Putra dan Putri).
c.
Pasanggiri Pupuh Raehan (Grup).
d.
Pasanggiri Maca Jeung Nulis Aksara Sunda
(Putra dan Putri).
e.
Pasanggiri Maca Sajak (Putra
dan Putri).
B. PESERTA
1. Jumlah
Peserta:
a.
Lomba Biantara, Ngadongeng, Maca & Nulis Aksara Sunda,
Sajak dan Tari Klasik berjumlah 2 (dua) orang, terdiri dari 1 putra
dan 1 putri dari tiap kelas.
b.
Lomba Pupuh Raehan terdiri dari 3 orang (1 Grup) dari tiap kelas.
2. Setiap
peserta lomba adalah siswa-siswi yang telah diseleksi oleh wali kelas dari masing–masing
kelas.
3. Peserta
hanya diperbolehkan mengikuti satu bidang mata lomba.
4. Setiap
peserta diharapkan memakai pakaian seragam sekolah/batik, kecuali untuk lomba
Pupuh dan Ngadongeng memakai pakaian adat daerah Sunda dan Tari
Klasik pakaian disesuaikan.
Semua
jenis lomba menggunakan Bahasa Sunda dengan persyaratan sebagai berikut:
No
|
Jenis
Lomba
|
Persyaratan
|
1
|
PIDATO (BIANTARA)
|
1) Setiap
peserta lomba mengenakan pakaian seragam sekolah masing-masing dan
tidak diperkenankan membawa perlengkapan asesoris atau properti
lainnya;
2) Setiap
peserta Lomba Biantara menyerahkan naskah masing-masing sebanyak 3
rangkap untuk diserahkan kepada Dewan Juri;
3) Saat
Lomba berlangsung, peserta tidak boleh membawa atau membaca naskah;
4) Durasi
waktu antara 5 s.d 10 menit;
5) Pelaksanaan
lomba tidak melalui babak penyisihan, tetapi langsung babak final;
6) Peserta
terbaik yaitu: Terbaik I, II, dan III;
7) Naskah
biantara di buat oleh sendiri.
8) Materi
(tema) dapat memilih satu di bawah ini:
a.
Miara Lingkungan;
b.
Ngaronjatkeun Préstasi Diajar;
c.
Ngabina Sumanget Kabangsaan;
d.
Cinta ka Lemah Cai;
e.
Ngawangun Cinta Damai;
|
2
|
NGADONGÉNG
|
1)
Dongeng yang dibawakan merupakan
dongeng Fabe (Hewan) dan Sasakala (legenda);
2)
Setiap peserta lomba mengenakan
pakaian yang disesuaikan dengan adat Sunda dan tidak diperkenankan membawa perlengkapan
asesoris atau properti lainnya;
3)
Setiap peserta menyerahkan naskah
masing-masing sebanyak 3 rangkap untuk diserahkan kepada Dewan Juri;
4)
Saat Lomba Dongeng berlangsung,
peserta tidak boleh membawa atau membaca naskah;
5)
Durasi waktu antara 5 s.d 10 menit;
6)
Pelaksanaan lomba tidak melalui babak
penyisihan, tetapi langsung babak final;
7)
Peserta terbaik yaitu: I, II, dan III.
|
3.
|
PUPUH RAEHAN
|
1) Pupuh
yang dibawakan merupakan pupuh Raehan.
2)
Peserta membawakan satu pupuh wajib
dan satu pupuh pilihan.
3)
Teknik penyajian yaitu dua kali pupuh
(pokok), dilanjutkan pupuh pilihan.
4)
Pakaian peserta harus pakaian daerah
ke-Sundaan .
5)
Dewan juri hanya memilih juara I, II,
dan III
6) Pupuh
wajib : Pucung
Pupuh Pilihan : Kinanti atau Dangdangula
|
4.
|
BACA
DAN TULIS AKSARA SUNDA
|
1)
Setiap peserta lomba mengenakan
pakaian seragam sekolah masing- masing.
2)
Setiap peserta menyalin dari aksara
Latin ke aksara Sunda dan membaca materi bacaan Aksara Sunda yang telah
disediakan oleh panitia.
3)
Aksara yang digunakan yaitu aksara
UNICODE
|
5.
|
MACA SAJAK
|
1)
Setiap peserta lomba mengenakan
pakaian seragam sekolah masing-masing dan
tidak diperkenankan membawa perlengkapan asesoris atau
properti lainnya;
2)
Pelaksanaan lomba tidak melalui babak
penyisihan, tetapi langsung babak final;
3)
Peserta terbaik yaitu: Terbaik I, II,
dan III;
4)
Materi (tema) dapat memilih satu di
bawah ini:
a.
Nu Metik Entéh Karya Agus Suherman
b.
Sunda Kawisaya Karya Chye Retty Isnendes
c.Seuneu Bandung Karya Karna Yudibrata
|
C. TEKNIS
DAN JADWAL LOMBA
a.
Teknis Lomba
1.
Pelaksanaan perlombaan tidak melalui babak penyisihan terlebih
dahulu tetapi langsung pada babak final.
2.
Dewan juri akan memilih masing–masing 3 (tiga) orang finalis
setiap bidang lomba untuk menjadi juara I, II dan III.
3.
Kriteria penilaian secara umum meliputi aspek yang dinilai dan indikatornya
adalah:
NO
|
JENIS LOMBA
|
ASPEK PEMILIHAN
|
INDIKATOR
|
1
|
Pidato
(Biantara)
|
a.
Aspek bahasa
|
1) Pilihan
kata/diksi, gaya bahasa, dan undak-usuk bahasa Sunda;
2) Struktur
bahasa (bentukan kata maupun kalimat) yang benar sesuai dengan kaidah tata
bahasa Sunda.
3) Intonasi/lentong (lagu
kalimat) dan pelafalan bahasa
Sunda yang jelas.
|
b.
Aspek Isi/Materi
|
1) Kesesuaian
topik/tema dengan isi;
2) Substansi
isi, ide atau orisinal gagasan
3) Penguasaan
dan pemahaman isi;
4)
Organisasi dan sistematika penyampaian
isi;
|
||
c.
Penampilan/Ekspresi
|
1) Gesture
(mimik dan gerak)
2)
Gaya bicara
|
||
2
|
Ngadongeng
|
a.
Bahasa
|
1) Pilihan
kata/diksi, gaya bahasa, dan undak-usuk bahasa Sunda;
2) Struktur
bahasa (bentukan kata maupun kalimat) yang benar sesuai dengan kaidah tata
bahasa Sunda.
3)
Intonasi/lentong (lagu
kalimat) dan pelafalan (.)
|
b. Pemahaman
Isi
|
1) Penguasaan
isi;
2)
Penghayatan dan penjiwaaan (imaji);
|
||
c. Penampilan/Ekspresi
|
1) Gesture
(mimik dan gerak)
2)
Kreasi dan gaya bicara
|
||
3
|
Pupuh Raehan
|
a. Penguasaan
materi lagu
|
1) Meliputi:
melodi lagu, lirik lagu, dan kesesuaian dengan patokan pupuh.
|
b. Penguasaan
Penampilan
|
1) Meliputi:
penjiwaan isi, ekspresi dan kreasi.
|
||
4
|
Baca danTulis AksaraSunda
|
a. Kerapihan
Aksara Ketepatan transliterasi
b.
Ketepatan dan kecepatan membaca naskah
Aksara Sunda
|
|
5
|
Maca Sajak
|
a. wirahma
(artikulasi, intonasi, nada, tempo),
b. wiraga
(pangawasaan panggung, magelaran), dan
c.
wirasa
(éksprési, rindat/mimik, rigig).
|
Posting Komentar